real
		time web analytics
Praktisi Holistik Profesional Kian Dibutuhkan

TOP CAREER - Salah satu pelaku yang sudah cukup lama bergelut dan dikenal sebagai praktisi kesehatan holistik adalah Reza Gunawan. Suami dari penulis Dewi Lestari ini turut mempelopori berkembangnya dunia penyembuhan holistik di Indonesia. Reza mendirikan pusat penyembuhan holistik pertama di Indonesia yang dinamai True Nature Holistic Healing.

Tak hanya Reza, seiring waktu mulai bermuncul orang-orang yang memilih jalur profesi sebagai praktisi kesehatan holistik. Salah satunya adalah Nugdha Achadie. Sebelum menggeluti profesi sebagai praktisi kesehatan holistik, Nugdha yang mengenyam pendidikan formal di Universitas Airlangga, Surabaya, serta meraih gelar program Bachelor dan Master dari Griffith University, Brisbane, Queensland, Australia ini malah sempat berkecimpung di dunia keuangan selama 5 tahun.

Sebelum menjadi praktisi kesehatan holistik profesional, baik Nugdha dan Reza terlebih dulu belajar mendalami berbagai hal tentang penyembuhan holistik. Beberapa seni dan teknik penyembuhan yang dipelajari antara lain, Jin Shin Jyutsu, Yoga, CranioSacral Therapy, BrainGym, Touch For Health, Energy Medicine, Energy Psychology (Emotional Freedom Technique-EFT & Tapas Accupressure Technique-TAT) serta berbagai olah nafas, meditasi kesehatan, dan teknik relaksasi.

Dalam setiap pelatihan yang dibawakannya, praktisi  kesehatan holistik seperti Reza akan menjelaskan penyembuhan holistik dengan rangkaian yang sederhana, pendekatan yang ilmiah, cerita yang inspiratif, dilengkapi dengan demonstrasi dan praktek, sehingga orang yang ingin mendalami holistik mampu mengenal, memahami dan trampil dalam menyembuhkan diri sendiri.

Bagi pelakunya, praktisi kesehatan holistik bisa dianggap sebagai sebuah profesi. Tak hanya menjadi membimbing orang untuk menyembuhkan diri sendirinya, si praktisi kesehatan holistik juga bisa mendirikan sekolah kesehatan holistik yang profesional. Praktisi kesehatan holistik juga bisa menjadi narasumber di berbagai media cetak, radio, televisi, serta workshop terkait bidangnya.

“Bidang ini akan terus berkembang karena publik semakin menyadari betapa pentingnya pendekatan yang lengkap dalam kesehatan. Publik sebagian mulai sadar kesehatan itu harus dirawat secara preventif dan aktif mandiri, ketimbang kuratif dan sekedar pasrah pasif terserah kata dokter atau tim medisnya,” ujar Reza kepada TopCareer.id.

Kendati bisa mendatangkan pemasukan yang cukup menggiurkan, Reza mengklaim kalau tujuan utama dirinya terjun di penyembuhan holistik adalah untuk mendapat kepuasan batin membantu sesama menciptakan kessehatan kualitas hidup yang lebih utuh, dan bukan hanya semata menumpuk pundi kekayaan. Jadi bagi yang punya mimpi sama, profesi praktisi kesehatan holistik bisa menjadi pilihan profesi untuk kamu.