real
		time web analytics
Kata HR Elevenia HR Harus Punya Helicopter View

TOP CAREER – Bukan zamannya lagi human resource development (HRD) tidak tahu dan tidak mau terlibat dalam pengembangan bisnis. HR yang mengenakan kacamata kuda alias hanya tahu soal administrasi belakang meja, merupakan sumber penghambat perusahaan tidak berkembang.

Demikian penilaian Charli Siahaan Recruitment Team Leader Elevenia terhadap fungsi HR yang seharusnya. Menurutnya HR yang baik ialah HR yang dapat berpikiran terbuka dalam perkembangan bisnis dan strategi.

“HRD zaman sekarang harus berpikir secara bisnis. Harus lebih tahu tentang perkembangan bisnis. Harus tahu tentang situasi trend terkini. Sehingga HR itu enggak hanya di belakang layar, seperti supporting saja. Tapi juga turut memikirkan strategi,” ujar Charli kepada TopCareer.id.

“Dan HR merasa bertanggungjawab atas perusahaan. Jadi jangan berpikir, HR itu hanya bagian administrasi doang. Seperti absensi, gaji, mengurusi SP. Sekarang, itu semua bisa di jalankan dengan sistem,” tutur pria yang menjadi HR pertama di Rocket Internet Indonesia.

Charli berpendapat, tidak menutup kemungkinan untuk HR merasakan situasi di divisi lain pada perusahaan. Hal itu dianggapnya sebagai upaya untuk mengetahui lebih dalam tentang apa yang sedang dijalankan oleh perusahaan.

“Bila perlu, HR itu masuk ke bagian sales selama beberapa bulan. Supaya dia tahu, bisnis itu seperti apa, supaya tahu apa yang dijalankan oleh perusahaan. Sehingga HR itu tidak pakai ‘kacamata kuda’,” ujarnya.

Zaman sekarang ada istilah HR harus memiliki helicopter view. Ada gunung, ada bukit-bukit, atau gedung-gedung. HR itu harus melihat dari atasnya dengan helikopter, supaya bisa melihat semuanya, apa sih sih yang dibutuhkan sales dan divisi-divisi lainnya.

Charli mengawali kariernya di bidang HR di sebuah perusahaan headhunter. Di Elevenia, ia merupakan kepala bidang HR atau recruitment team. Ia mengaku sangat menikmati karier dan profesi yang ia jalani sekarang ini.

“Kebahagiaan saya selama menjadi HR adalah ketika saya bisa melihat mereka tersenyum sambil bekerja. Artinya walaupun mereka enggak ngomong, tapi dari body language mereka ngomong, ‘thanks Char, loe sudah rekrut gue di sini’. Itu value yang paling menyenangkan buat saya,” pungkasnya.