real
		time web analytics
Oh Ini Toh, Jenis-Jenis Perusahaan di Pasar Modal

TOP CAREER – Siapa di antara kamu yang menebak jika bicara karier di perusahaan pasar modal langsung merujuk “Bursa Efek”? Ya memang tidak salah, tapi fakta dilapangan menunjukkan bahwa jenis perusahaan di pasar modal Indonesia itu beragam loh alias terdiri dari bermacam jenis bidang usahanya.

Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas adalah firma yang merupakan anggota bursa efek dengan lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek atau saham dan menjadi perantara transaksi bagi perusahaan atau investor.

Bahasa gampangnya sekuritas adalah tempat dimana kamu bisa bertransaksi jual beli saham dan obligasi. Namun mayoritas masih melayani jasa transaksi saham. Masih sedikit yang melayani jasa transaksi obligasi.

Dalam perusahaan sekuritas, ada pialang atau broker yang melakukan transaksi jual beli saham antara klien dengan pembeli saham. Broker hanya menjadi perantara dalam transaksi, namun tidak bertugas membeli atau mejual saham investor secara langsung. Tugas broker yang lainnya adalah memberikan rekomendasi kepada investor yang menjadi kliennya, tentang kapan harus membeli atau menjual saham, atau saham apa yang menarik untuk dibeli.

Rekomendasi yang diberikan broker pada kliennya bukan berdasarkan asumsi pribadi. Perusahaan sekuritas memiliki riset analis, yang melakukan analisis aktivitas pasar, reputasi perusahaan pemilik saham, analisis ekonomi, dan analisis pasar. Hasil dari analisis inilah yang menjadi dasar rekomendasi yang diberikan kepada klien, berserta dengan informasi-informasi lainnya mengenai saham di pasar atau bursa efek.

Namun ada juga sekuritas yang memiliki riset analis yang seadanya, namun mereka memanfaatkan riset dari berbagai sumber dan merangkumnya menjadi rekomendasi bagi klien. Rekomendasi yang diberikan oleh sebuah sekuritas juga mempengaruhi reputasi sekuritas itu sendiri. Jika rekomendasi yang diberikan selalu menguntungkan, klien akan lebih percaya dan nilai jual sekuritas tersebut akan ikut naik.

Investment Banking dan Underwriter

Di beberapa tempat, investment banking atau underwriter masih menjadi salah satu bagian dari bidang usaha perusahaan sekuritas, namun tidak semua perusahaan sekuritas fokus pada usaha tersebut.

Bidang usaha yang sering disingkat IB ini mencakup jasa penasehat hingga membuat IPO (Initial Public Offering) saham dan obligasi, dan hal berkaitan dengan aksi korporasi perusahaan seperti merger dan akuisisi. IB sebetulnya tidak selalu bagian dari perusahaan sekuritas, tapi bisa juga bagian dari suatu perbankan. Tapi jika di bank, jasanya lebih luas mencakup pinjaman dan kredit.

Perusahaan Manajer Investasi

Manajer investasi atau fund manager adalah perusahaan yang telah mendapatkan izin dari pemerintah Indonesia untuk mengelola dana melalui investasi portofolio efek. Portofolio efek maksudnya adalah produk-produk pasar uang dan pasar modal.

Definisi manajer investasi menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995, Pasal 1 angka 11  tentang Pasar Modal, adalah,  “Manajer Investasi adalah Pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.”

Lagi-lagi gampangnya, manajer investasi adalah perusahaan yang menjadi juru masak atau koki reksadana.

Orang-orang yang bekerja pada manajer investasi, khususnya di bagian pengelolaan investasi harus memegang sertifikasi profesi wakil manajer investasi (WMI).

Salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikasi WMI adalah wajib mengikuti dan lulus ujian WMI.