real
		time web analytics
Cari Tahu Bagaimana Standar Izin Profesi Pasar Modal

TOP CAREER – Tak sembarangan orang bisa berkarier di pasar modal Indonesia. Sejumlah aturan pun diterapkan oleh regulator untuk orang yang ingin berkarier disana. Lantas secara umum bagaimana standar izin profesi di pasar modal Indonesia?

Bagi yang belum tahu, struktur pasar modal di Indonesia antara lain terdiri  dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai otoritas pasar modal, Self Regulatory Organization (SRO) termasuk Bursa Efek Indonesia (BEI) yang bertindak sebagai otoritas bursa sekaligus fasilitator perdagangan, perusahaan efek atau Anggota Bursa (AB) sebagai motor penggerak utama hingga lembaga dan profesi penunjang.

Sebagai instansi tertinggi di dalam struktur pasar modal Indonesia, OJK yang berwenang memberikan izin lembaga maupun individu yang beroperasi di pasar modal.

Adapun peraturan terkait profesi di pasar modal antara lain diatur di Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal; Peraturan Pemerintah No.45 Tahun 1995 tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal; serta Keputusan Ketua Bapepam No.Kep-25/PM/1996 tentang Perizinan Wakil Perusahaan Efek.

Nah lebih lanjut lagi mengenai standar profesi pasar modal di Indonesia meliputi tiga pilihan sertifikasi, yaitu Wakil Manajer Investasi (WMI), Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE), dan Wakil Penjamin Emisi Efek (WPEE).

Untuk mendapatkan izin sebagai WMI, WPPE, dan WPEE dari OJK, disyaratkan harus memiliki sertifikat standar profesi pasar modal yang dapat diperoleh setelah ujian standar profesi yang diselenggarakan oleh Panitia Standar Profesi Pasar Modal berskala nasional yang diakui oleh OJK dan dilaksanakan secara serentak di berbagai wilayah Indonesia. Panitia Standar Profesi sebagai lembaga penguji untuk melakukan pengujian kecakapan bagi pelaku pasar modal.