real
		time web analytics
Tips Mengaplikasikan Foundation Biar Hasilnya Kayak MUA

TOP CAREER – Buat kamu yang suka bermain dengan make up, pasti enggak asing dengan foundation, atau malah fasih bagaimana cara menggunakannya. Bisa dibilang foundation jadi kunci agar make up-mu tampil makin sempurna.

Tapi buat kamu yang memang belum terlalu paham soal make up apalagi penggunaan foundation, berikut ada tips mudah memakai foundation dengan hasil yang memuaskan, dikutip dari Cosmopolitan. Hasilnya bisa menampilkan bahwa kamu habis pakai jasa make up artist (MUA).

Pakai Berurutan

Dalam mengaplikasikan base make up, urutan yang benar adalah color corrector, lalu foundation, baru kemudian concealer. Pertama gunakan color corrector untuk kekurangan pada wajah. Lalu aplikasikan foundation secara merata ke seluruh wajah. Lalu akhiri dengan concealer pada bagian yang sekiranya butuh cover lebih.

Concealer untuk Lingkaran Mata Hitam

Sebelum mengaplikasikan foundation, ada baiknya menggunakan concealer terlebih dulu bagi kamu yang memiliki masalah lingkaran mata hitam. Pilih warna concelaer dengan tone kemerahan buat kamu yang punya warna kulit sawo matang hingga hitam. Sementara untuk kulit putih atau kuning, kamu bisa gunakan concelaer dengan tone kuning.

Gunakan Primer

Primer biasanya digunakan untuk membuat riasanmu bertahan lebih lama, juga menyamarkan pori-pori dan garis halus di wajah. Gunakan primer agar hasil foundation lebih tahan lama, terutama di area t-zone (dahi, hidung, dan dagu).

Pilih Coverage yang Diinginkan

Foundation memiliki beberapa pilihan coverage (daya tutup), ada yang ringan, medium, sampai full. Kalau kamu meginginkan hasil make up yang natural, maka kamu bisa mengaplikasikan foundation dengan coverage ringan. Sedangkan kalau ingin menutupi kekurangan wajah yang bermasalah bisa menggunakan foundation full coverage.

Pilih Shade yang Tepat

Buat kamu yang ingin melakukan shading, maka jangan sampai memilih shade yang salah. Gunakan cara memilih shade foundation dengan membandingkan 3 warna terdekat dengan warna kulit. Kamu bisa mengoleskannya sepanjang garis rahang. Pilih juga warna foundation yang mirip.

Aplikasikan dari Tengah ke Luar

Mengaplikasikan foundation juga perlu dilakukan dengan benar agar tampilan tidak berlebihan. Agar make up-mu tampak natural, aplikasikan foundation dari tengah wajah ke arah luar.

Gunakan pada Telinga dan Leher

Aplikasikan foundation-mu pada daerah telinga, leher, dan garis rambut agar foundation terlihat lebih rata. Pengaplikasian di bagian ini juga bertujuan agar terhindar dari garis-garis akhir foundation yang memberikan kesan pengaplikasian foundation yang tidak merata.

Sesuaikan dengan Shade Leher

Jangan dibilang bagian leher ini tidak penting. Gunakan shade yang lebih muda dari wajahmu kalau mengaplikasikan foundation pada bagian leher.

Aplikasikan pada Bawah Mata

Kamu juga perlu mengaplikasikan foundation pada bagian bawah mata, layaknya concelaer. Hal itu bisa mengurangi kesan kelelahan pada wajah, dan penampilan tampak segar.

Sesuaikan Foundation dengan Jenis kulit

Kalau kamu memiliki jenis kulit yang kering dan tidak mudah berjerawat, maka gunakan oil based formula. Namun, bagi kamu yang punya jenis kulit mudah berjerawat, bisa gunakan oil free foundation. Sementara water based foundation cocok digunakan bagi kamu yang punya kulit sensitif dan berminyak.