real
		time web analytics
Tipe Kerja Editor Film

TOP CAREER - Dalam jobdesk-nya, editor film akan melakukan pekerjaannya seusai proses syuting rampung. Bisa dibilang, editor terlibat dalam tahap pasca produksi pembuatan film. Namun, tak salah juga jika editor sudah mulai terlibat dalam proses pra produksi film.

Nah, menurut Editor Film kawakan Indonesia, Sentot Sahid, di sini ada beberapa tipe kerja editor yang ada dalam tahapan pembuatan film. Yang pertama, tipe kerja editor sudah mulai dilibatkan dalam proses pra produksi. Jadi, selama pembacaan naskah, editor sudah bisa melihat bagian mana yang sekiranya boros.

“Kalau standar yang internasional sebenarnya editing itu dia bekerja bukan pada di akhir, sebenarnya pada tahap awal di pra produksi itu mereka dipanggil untuk membicarakan opini masukan dari sudut editing. Misal, bagian in kepanjangan, lebih dipadetin, itu memberi masukan saja, ujarnya kepada TopCareer.id.

Kemudian ada editor, tambah dia, yang mau terlibat pada tahap produksi, tetapi ada juga editor yang tidak ingin terlibat lantaran benar-benar ingin fokus saat pasca produksi saja. “Enggak terkontaminasi apa yang terjadi di lapangan,” pungkas Sentot.

Menurut dia, semua tipe itu punya plus minusnya masing-masing. Ia pribadi yang sudah mulai berkecimpung di dunia editing film sejak 1986 itu mengaku pernah terjun di tiap-tiap tipe kerja editor. Ia sempat merasakan saat tahap produksi, hingga benar-benar di pasca produksi.

“Tapi saya pribadi nunggu yang setelah selesai syuting saja.”