real
		time web analytics
Peran Krusial PR Radio

TOP CAREER - Sebagai salah satu garda depan di sebuah radio, peran public relation (PR) dinilai sangat krusial. PR menjadi garda terdepan radio untuk menjalin kerjasama dan komunikasi dengan berbagai pihak. Seperti yang dilakukan oleh Anindhita Christina yang kini menjadi PR Coordinator untuk tiga radio sekaligus yakni Mustang FM, Lite FM, dan Kis FM.

Perempuan cantik yang akrab di sapa Caca ini menjelaskan bahwa tugas utama PR di radio adalah menjalin kerjasama dan komunikasi dengan banyak pihak seperti majalah, televisi, koran, media-media online, dan lainnya. Selain itu PR juga menjalin kerjasama dengan beberapa event seperti konser dan pentas seni, serta ragam acara off air lainnya.

Secara umum yang dibutuhkan untuk menjadi PR adalah kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi. Untuk PR ditempat kerja Caca saat ini terutama di Mustang, persyaratan yang dicari yang pertama adalah penampilannya. “Terus dilihat dari konsentrasi kita pas kuliah apa. Itu harus berhubungan dengan dunia PR. Pengalaman itu nomor ketiga,” ujarnya kepada TopCareer.id.

Caca sendiri bergabung bersama Mustang sejak Juni 2014. Sebelumnya dara yang hobi nyanyi dan baca ini sempat bergabung sebagai Asisten Produser di MNC Channels dan PR di Openrice. Ketika ditanya mengenai perbedaan PR di Openrice dan Mustang ia berujar, “Beda di Openrice aku menjalin kerjasamanya dengan beberapa restoran. Kalau di Mustang lebih menjual program Mustang.”

Terkait jam kerja, PR di Mustang diakuinya lebih fleksibel. “Kadang kalau ada meeting diluar aku tidak apa-apa kalau tidak ke studio. Untuk office hour-nya jam 10.00-17.00. Tapi kalau mau pulang lebih dari jam 5 tidak apa-apa. Kalau libur ada acara tetap masuk. Itungannya itu kerja lembur. Tapi kalau ada event diluar acara off air Mustang yang kami kerjasama itu tidak mesti dateng juga tidak apa-apa.”

Menjadi PR untuk tiga radio sekaligus diakui Caca menjadi satu tantangan tersendiri. Terlebih tiga radio yang dipegangnya memiliki segmentasi pendengar yang berbeda-beda. Mustang punya pasar pendengar anak muda umur 17-25 tahun. Sementara  Lite dan Kis memiliki segmen masing-masing family dan eksmud (eksekutif muda).

Secara struktural, Caca bertanggungjawab ke Marcomm (Marketing Communication). Sementara Marcomm bertanggung jawab langsung ke Head of Station Manager (SM). Dan berikutnya SM bertanggung jawab langsung ke Owner.

“Aku tidak punya bawahan. Kalau atasan langsung aku itu satu orang. Dua jabatannya Marcomm. Jam kerja pengaturannya fleksibel. Karena aku lebih sering jalin kerjasama  langsung untuk tiga radio. Tapi balik lagi, aku tetap menyesuaikan segmentasi. Kadang tidak bisa langsung tiga-tiganya. Jadi cuma bisa Lite dengan Kis. Atau Kis dengan Mustang,” ujarnya. 

COMMENT
500

Topcareer.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE