real
		time web analytics
Konduktor Brand dalam Perusahaan Fesyen

TOP CAREERKesuksesan sebuah brand ditentukan oleh banyak faktor. Layaknya sebuah orkestra musik, harus ada yang menjadi konduktor. Dan brand marketing-lah yang pegang peranan penting tersebut. Dia yang menentukan kemana dan bagaimana agar brand bisa di kenal atau punah.

Sally Silvania Sumakul,  Brand Marketing (BM) Division Head PT Mega Perintis menilai bahwa perannya dalam perusahaan fesyen begitu vital. Hal ini terkait pembentukan imej perusahaan. BM juga memegang proses hulu hilir, mulai dari proses perencanaan praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi.

Penting banget, jadi kadang orang diperusahaan ngebedain pilih brand atau sale sih? yang biasanya orang perusahaan lain pilih sale, branding engga perlu kaya gitu. Padahal branding penting untuk waktu yang panjang sedangkan sale hanya berlaku untuk waktu yang sebentar. Dan lewat brand juga bisa ngangkat image perusahaan itu sendiri,” ujar Sally kepada TopCareer.id.

Alumnus Atmajaya ini menambahkan tugasnya juga berhubungan dengan supply chain (pemasok) guna menjamin ketersediaan stock. Kemudian memastikan brand performance agar tetap optimal hingga ke visual merchandising, serta menentukan seluruh konsep toko di seluruh Indonesia.

Meski dulunya bagian operasional dia ingin menepis anggapan yang melekat tentang ketidakmungkinan bagian operation menjadi BM. Di perusahaannya kini posisinya cukup strategis karena berada tepat dibawah direktur lalu selanjutnya brand MD dan Dist Inv Planning.

Persaingan dengan kompetitor luar menjadi tantangan tersendiri baginya. Mengingat seorang BM harus bisa menganalisis dan menentukan harga produk terkait tren dipasaran yang dinamis dan harga yang attractive. Sehingga dengan begitu tetap bisa bersaing dan mempertahankan kualitas.

“Kesulitan di Indonesia justru karena datangnya brand dari luar. Katakanlah kami punya share harga jual Rp249 ribu dan mereka Rp229 ribu. Nah kami harus review lagi trennya kaya gimana, market, dan kompetitor. Jangan sampai kami salah pricing enggak mungkin dong brand luar lebih murah dari brand lokal?” 

COMMENT
500

Topcareer.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE