real
		time web analytics
Ini Peralatan Sederhana Kalau Mau Gambar Pakai Cat Air

TOP CAREER – Buat kamu yang pengin coba mewarnai atau berkarya dengan cat air, minimal kamu punya alat-alat standar yang biasa dibutuhkan. Misal, yang sudah pasti kamu butuhkan ya cat air, lalu pensil dan penghapus. Selain itu, ada alat apa lagi ya yang diperlukan?

Buat pemula, sebenarnya mewarnai dengan cat air enggak memerlukan banyak peralatan yang rumit atau bahkan yang mahal. Nah, berikut ini alat-alat yang dipakai untuk mewarnai menggunakan cat air yang sederhana.

Kertas

Untuk menggambar dengan cat air, maka media yang digunakan pertama adalah kertas dengan ukuran yang agak tebal, yakni sekitar 200 sampai 300 gram. Kalau menggunakan kertas tipis tentu ketika diaplikasikan teknik-teknik cat air, maka akan mudah rusak.

Begitupun jika ingin mengaplikasikan di kanvas, karena tidak semua kanvas bisa menyerap cat air dengan sempurna. “Padahal kanvas itu kain harusnya nyerap air, karena udah dilapisin dengan lapisan-lapisan tertentu airnya jadi enggak nyerap gitu. Justru enggak nempel warnanya,” kata ilustrator Egglustration, Alif Quita kepada TopCareer.id.

Pensil dan Penghapus

Sebelum menggunakan cat air untuk memberikan sentuhan warna pada gambarmu, langkah pertama pasti kamu akan membuat sketsa gambar terlebih dahulu. Gunakan pensil dengan intensitas yang tipis, seperti 4H agar mudah dihapus.

“Alat lainnya penghapus, nanti kan gambar ada garis-garis kasarnya. Untuk menghapus garis-garis yang enggak dibutuhin nanti bisa pakai penghapus. Penghapus biasa aja ya bisa.”

Air dan Tisu

Menurut Alif, sediakan dua wadah berisi air. Penggunaan air itu untuk membersihkan kuas dari cat jika bermaksud mengambil warna baru lagi. Sementara, tisu bisa dipakai jika kamu salah menyapukan warna ke gambar.

Misal, seharusnya warna merah, tapi kamu berikan warna oren, maka bisa gunakan tisu untuk menghapusnya. Cukup sapukan di bagian yang salah. Namun, pastikan cat yang disapukan masih dalam keadaan basah.

Cat Air

Kalau untuk cat air, memang pembedanya paling dari segi harga. Alif mengatakan, harga cat air bisa mulai dari Rp40 ribu sampai Rp200 ribuan untuk 12 warna dengan kualitas yang cukup bagus. Alif mencontohkan cat air miliknya 18 warna dengan harga Rp240 ribu. Namun, dengan harga tersebut, cat air punya daya guna yang cukup lama, bahkan sampai 5 tahun.

“Sebenarnya yang bedain mahal murahya paling kualitasnya. Gambar itu kan makin lama pudar, kalau pakai cat air yang mahal, itu gambarnya bertahan bisa puluhan tahun, ratusan tahun,” ujar dia.

Kuas

Bagi pemula, menggunakan satu kuas untuk menggambar dengan cat air dirasa cukup. Gunakan kuas dengan jenis round dan ukuran sedang, yakni ukuran 8 (medium). Biasanya, makin banyak teknik yang digunakan, maka akan semakin banyak jenis kuas yang dipakai.

Ada kuas yang bentuknya rata, ada yang lancip, ada yang bentuknya mirip seperti kuas make up, atau dengan ukuran yang berbeda-beda. Semua kuas itu punya manfaat masing-masing.

“Misalnya kuas yang rata, itu kayak ngecat rumah. Itu fungsinya kayak buat ngeblok aja gitu, untuk bikin garis yang lurus aja. Kuas yang runcing, gunanya mirip pensil, bisa bikin garis yang tipis, dia bisa buat negblok juga, pokoknya bisa luwes gitu,” papar Alif.

Draw Pen

Nah, setelah selesai mewarnai gambar, jika ingin ada bagian-bagian yang ditebalkan, maka bisa gunakan draw pen ini. Fungsi draw pen juga bisa digantikan dengan cat air yang kuasnya pakai ukuran kecil.