real
		time web analytics
Enggak Rugi! Ini Tiga Keuntungan Studi Luar Negeri

TOP CAREER – Ketika kalian memang berniat studi ke luar negeri, pasti memiliki alasan yang dinilai menguntungkan untuk masa depan. Jika dicermati, memang banyak keuntungan yang bisa didapat jika kalian studi ke luar negeri.

Hingga saat ini studi di luar negeri masih menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Indonesia, lagi-lagi karena dianggap bisa memberikan wawasan yang luas, mindset yang terbuka, dan beragam manfaat lainnya.  Lantas apa saja keuntungan studi di luar negeri?

1. Pengalaman Internasional

Salah satu keuntungan yang bisa didapat jika studi ke luar negeri adalah memperoleh pengalaman internasional yang tentunya bisa berharga untuk dunia kerja di masa depan. Hal itu juga yang disampaikan Thomas Keenan, Recruitment Director East Asia Into Global.

Menurut dia, ada banyak keuntungan yang bisa digali jika kalian serius studi di luar negeri. Secara pengetahuan, tambah dia, kemudian juga hubungan pertemanan akan berbeda dengan belajar di dalam negeri.

“Kalian akan mendapatkan teman dari berbagai negara, termasuk negara tuan rumah. Bahkan tidak cuma pertemanan saja, tapi juga menjalin hubungan bisnis di masa depan,” kata Thomas Keenan kepada TopCareer.id.

2. More Independent

Selain memperoleh banyak jaringan atau koneksi, lelaki yang akrab disapa Tom ini menambahkan bahwa keuntungan lainnya adalah pelajar akan lebih mandiri dalam melakukan banyak hal. Karena sistem belajar yang berbeda, studi di luar negeri membuat pelajarnya lebih mandiri.

“Di USA dan UK kalian akan lebih independen dalam belajar, lebih mandiri. Kita diajarkan berpikir bagaimana harus belajar independen. Jadi, lebih mandiri itu menjadi hal yang penting ketika studi di luar negeri,” kata Tom.

3. Akreditasi Tingkat Dunia

Jika diperhatikan, akreditasi universitas di luar negeri seolah lebih memberikan jaminan lantaran fasilitas serta sistem pendidikan yang dinilai tak main-main. Tom kembali mencontohkan universitas yang ada di Amerika dan Inggris itu sudah memiliki kualitas kelas dunia.

Akreditasi itulah yang kadang tak didapat di universitas di Indonesia. Selain itu, dilihat pula dari segi akreditasi jurusan yang diambil, seperti jurusan engineering, computing, serta bisnis.

“Banyak benefit yang bisa didapat kalau studi ke luar negeri. Tentu saja bisa bekerja sesuai dengan pendidikan yang didapat.”

Lantas Tom pun menggolongkan negara-negara yang kerap menjadi favorit orang untuk studi ke luar negeri. Dalam hal fasilitas, sumber data serta riset, Australia bisa dibilang menjadi tempat yang tepat.

Di Inggris pun punya fasilitas dan sumber daya yang sangat baik. Sementara untuk Amerika, berada pada level selanjutnya. Bahkan, Tom menyatakan bahwa Amerika benar-benar membuat pelajarnya memiliki world class experience.

 

COMMENT
500

Topcareer.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE